RSS

KRITIK : membangun kepribadian dan memajukan cara pandang


Terkadang saya merasa bahwa keadaan yang ada saat ini sudah cukup dan memang seharusnya seperti ini. Keadaan saya sudah seperti ini adanya tetapi ternyata beberapa cara pandang dan kebiasaan saya salah dan perlu untuk dibenahi. Hal yang demikian saya sadari setelah adanya kritik. Sebuah kritik memang terkadang begitu menyanyikatkan bagi kita yang belum pernah dikritik sebelumnya, tetapi sebenarnya kritik merupakan salah satu hal yang dapat membuat kita lebih peka lagi dengan keadaan di sekitar dan membuat pemikiran kita lebih maju dari biasanya.

Beberapa waktu lalu saya memperoleh kritik yang sangat membantu bagi kelancaran kehidupan saya nantinya dan juga semoga membantu dalam kelancaran perjalanan saya menuju surga. (Aamiin). Beberapa kali ketika saya membaca kritik tersebut ada sebuah perasaan yang begitu menggebu. Mengapa saya dikatain seperti itu? Apa yang sudah saya perbuat? Dan berbagai macam pertanyaan muncul di pikiran saya. Hingga akhirnya saya merefleksikan diri, saya melihat kembali ke dalam diri saya. Oh ternyata saya seperti ini, ada yang kurang dari diri saya dan saya menyadari itu. Maka saatnya bagi diri saya untuk berkembang maju ke depan dengan mengubah dan menambah habits atau kebiasaan-kebiasaan yang saya lakukan selama ini.

Tidaklah sulit sebenarnya untuk bergerak maju dan lebih terbuka pikiran apabila kita memperoleh kritik yang membangun dan berupaya sekuat tenaga merefleksikan pada diri kita. Tetapi memang sulit pada awalnya untuk memulai hal tersebut, begitu sulitnya hingga terkadang kita sendiri tidak tahu seharusnya bersikap bagaimana dalam menerima sebuah kritikan. Kritik merupakan salah satu jembatan yang menghubungkan kita dengan masa depan. Membuat diri menjadi lebih peka dengan dunia luar dan mengurangi kesombongan diri. 

Tinggal kita buka telinga lebar-lebar dan lebih sensitif dengan keadaan yang ada di sekeliling. Sudah baik kah kita terhadap orang lain? Sudah cukup bijaksanakah kita dalam menyikapi suatu masalah? Sudah bermanfaatkah kita untuk lingkungan kita? Kritik merupakan salah satu media yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Lebih sensitif dan tidak membiarkan telinga kita tertutup merupakan salah satu kunci sukses

Kritikan itu begitu berharga bagi saya karena menunjukkan begitu pedulinya orang untuk kemajuan dan perbaikan perilaku saya. Itulah yang terjadi, saya begitu bahagia ketika membaca suatu kritik dari seorang teman lewat email. Begitu banyak orang yang menyayangi saya. Mungkin saya yang kurang dewasa dulu dalam menjalani hidup sehingga begitu bayak kealpaan yang sudah saya lakukan selama ini.  Cara membalas kritik ya dengan mengubah diri menjadi lebih baik. Bukankah ini malah menambah kemajuan diri kita untuk kehidupan selanjutnya? Yuk kita saling mengingatkan dalam kebaikan :D

Selamat berbuat baik teman-teman
dan Semoga menjadi pribadi yang lebih baik lagi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment